RSS

Pengalaman Praktikum Kerja Lapangan Pertama


Tidak ada gunanya marah-marah dengan orang lain, karena tidak akan merubah keadaan yang ada. Seharusnya yang dilakukan adalah mensyukuri semua nikmat yang tersembunyi di balik kegiatan PKL ini.

Lelah itu tak apa demi kuliah, ada timbal baliknya dapat ilmu pengetahuan baru dimana-mana. Praktikum Kerja Lapangan (PKL) membuat saya banyak mendapatkan pelajaran baru, baik itu pelajaran ilmu pengetahuan, pelajaran hidup, dan lainnya. Sebuah pengalaman berharga untuk turun ke lapangan berbaur dengan banyak orang baru untuk bekerja sama. Semuanya rajin, semuanya membantu, semuanya bisa bekerja sama dengan baik. Walaupun terkadang ada yang acuh sekali, tidak berinisiatif untuk membantu temannya yang kesulitan dan bisanya bersantai cantik saja. Sebenarnya saya juga kadang kelepasan mengontrol emosi melihat keadaan begitu.

Alhamdulillah saya punya kelompok yang anggotanya cukup stabil. Semua bisa diajak bekerja sama dengan baik dan selalu saling membantu. Di kelompok ada 10 orang yaitu (6B) saya, Bimo, Kimmy, Shinta, Farida, (6A) Aufa, Rabi, Lisa, Firman, dan Ciya. Namun Ciya ini pindah keluar dari prodi, sehingga tidak ikut berjuang hingga akhir mengemban tanggung jawabnya sebagai anggota kelompok.
Jujur saya sangat senang dengan kelompok ini, solid dan rame sehingga suasana saat bekerja selalu terasa menyenangkan. Kalo melihat keadaan kelompok lain dan orang lain yang nampak kacau dan perselisihan, banyak hal yang membuat saya menjadi sangat bersyukur mempunyai pengalaman dengan kelompok ini. Perjuangan kami tidak sia-sia, karena bekerja dengan ikhlas hati dan senang akhirnya nilai PKL kami untuk laporan adalah 84! Sudah hampir nilai sempurna yaitu 85.

Pengalaman ini patut disyukuri, terima kasih kepada Allah SWT yang telah memberikan kesempatan saya bisa merasakan pengalaman berharga ini dalam kehidupan saya. Terima kasih kepada kedua orang tua dan acil saya yang telah memberi dukungan baik berupa materi maupun moral, walaupun terkadang mereka juga khawatir melihat saya bekerja non-stop ketika mengerjakan tugas PKL. Terima kasih kepada semua bapak dosen Zoologi Invertebrata yaitu pak Bunda, pak Mahruddin, dan Pak Molen yang telah banyak memberi ilmu berharga yang belum pernah saya ketahui sebelumnya. Terima kasih kepada kakak-kakak asdos semua, terutama kak Syamduddin yang membimbing kelompok 6 dengan baik. Terima kasih kepada teman-teman kelompok 6 yang membuat PKL ini dapat dilalui dengan baik. Terima kasih kepada teman-teman satu angkatan yang sudah membantu dalam mempermudah pekerjaan saya. Terima kasih kepada semua pihak yang berperan dalam membantu saya pada PKL pertama ini. Saya sangat bersyukur, alhamdulillah.

 (Bapak Bunda, kakak Syamsuddin dan kelompok 6)

Tempat: Pantai Takisung, Kalimantan Selatan.
Waktu Kegiatan: 9-11 Mei 2014
Acara: Praktikum Kerja Lapangan mata kuliah Zoologi Invertebrata
Peserta: Mahasiswa/i Pendidikan Biologi FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin angkatan 2013

0 komentar:

Posting Komentar